Langsung ke konten utama

Menjadi Kakak yang Kreatif


Judul : Membuat Buku Bergambar untuk Adik
Seri Aku Anak Hebat
Penulis : Arini Hidayati
Tata Ilustrasi : D'Panonpoe Studio
Tata Letak : tidak ada data
Cetakan : tidak ada data
Penerbit : Diva Press Yogyakarta
Tebal : 23 halaman
Ukuran : 15,5 x 23,5 cm
Harga : Rp 13.000,-


Menjadi Kakak yang Kreatif

Seperti buku Gundul Bersama Adek, buku cerita bergambar ini awali dengan satu halaman yang menjelaskan tentang pentingnya cerita anak bergambar.
Mendampingin anak dan mengarahkan anak-anak agar matang, kreatif dan bijaksana merupakan tantangan berat bagi setiap orang tua. Banyak cara ditempuh oleh orang tua untuk memaksimalkan potensi anak-anak. Salah satu cara untuk memaksimalkan potensi anak-anak adalah melalui media bacaan seperti cerita anak.
Anak-anak biasanya sangat tertarik dengan hal yang bersifat visual, meriah, dan atraktif seperti film kartun dan buku cerita bergambar. Maka orang tua harus mampu memberikan bacaan yang sesuai dengan usia anak, fase perkembangan psikologinya dan mengandung hikmah yang dapat mengasah jiwa dan nalar anak-anak.
Melalui gambar warna-warni dan tulisan yang besar, buku tipis (23 halaman) ini mengisahkan tentang Zafran, seorang kakak yang kreatif dan sangat sayang kepada adiknya. Suatu hari adiknya ingin dibelikan buku gambar tebal tapi sayang harganya mahal. Zafran tidak ingin adiknya kecewa. Maka Zafran berjanji akan membuatkan buku seperti buku yang diinginkan adik. Zafran minta bantuan ibu untuk membuat buku bergambar untuk adik dengan memanfaatkan koran, majalah, dan buku yang sudah lama tidak terpakai. Zafran memililh gambar-gambar hewan dan mengguntignya. Ibu membantu memotong karton bekas kardus seukuran 10 x 10 cm dan memberi dua lubang di pinggirnya. Selanjutnnya Zafran menempelkan gambar-gambar hewan pada karton dan memberinya tulisan dengan huruf yang jelas. “...untuk latihan adik membaca,” pesan ibu.
Buku karya Arini Hidayati ini sangat cocok untuk anak-anak sekolah dasar terutama yang mempunyai adik. Gambar ilustrasi karya D'Panonpoe Studio yang berwarna-warni memenuhi halaman-halaman buku sehingga menarik anak-anak untuk membuka lembar-demi lembar hingga akhir. Narasi ceritanya sederhana dan mudah dipahami. Ukuran hufurnya juga cukup besar dan mudah dibaca oleh anak-anak walau baru bisa membaca.
Buku terbitan Diva Press ini memotivasi anak-anak dengan narasi singkat di sampul belakang; “Adik-adik mau meniru Zafran... membuat buku bergambar? Gampang lho, menirunya. Caranya baca saja buku ini, terus, coba deh praktikkan...”
Dilihat dari judulnya; “Membuat Buku Bergambar untuk Adik” dan serinya; “Aku Anak Hebat”, buku ini dapat dikelompokkan sebagai buku ketrampilan yang disajikan dalam bentuk cerita bergambar. Narasi yang menjelaskan langkah-langkah membuat buku bergambar memang tidak sedetail buku ketrampilan pada umumnya. Begitu pula dengan gambar ilustrasinya juga tidak sedetail ilustarasi pada buku ketrampilan pada umumnya. Hal ini mungkin disengaja oleh penyusun agar tidak membatasi imajinasi anak. Buku ketrampilan dalam bentuk cerita bergambar semacam ini tidak hanya memotivasi anak untuk membuat karya seperti yang dicontohkan dalam buku tetapi juga dapat menginspirasi anak untuk membuat karya lain yang serupa, sesuai dengan imajinasinya sendiri.
Hikmah yang dapat kita petik dari cerita bergambar ini antara lain;
  • Tidak semua keinginan anak dapat dikabulkan orang tua tapi adik kecil kadang belum paham. Kakak harus lebih paham
  • Kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang lebih berguna
  • Tolong-menolong dan saling membantu bisa memperingan pekerjaan mungkin terlihat sulit
  • Kakak harus menyayangi adik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKOKOHLAH BAHTERAMU

🌹Ramadhan ke-7 PERKOKOHLAH BAHTERAMU, KARENA SAMUDRA ITU DALAM 🍃🌾Rasulullah pernah berpesan pada Abu Dzar tentang tiga hal. Kata Rasul, “Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu, karena samudra itu dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan itu panjang. Ikhlaskanlah amalmu, karena pengintaimu sangat jeli.” ⛵️⛵️Pertama, perkokohlah bahteramu karena samudra itu dalam. Dalamnya samudra itu mengandung resiko. Jika tenggelam, kita bisa mati. Samudra yang dalam itu juga penuh rahasia. Kita tidak pernah tahu ada apa saja di dalamnya. Karang yang besar atau ikan yang buas, sewaktu-waktu bisa mencelakai kita. Karena itu, pengarung samudra yang dalam memerlukan bahtera yang kuat, yang bisa melindungi penumpangnya dari resiko tersebut. ⛵️⛵️Inilah analogi hidup manusia. Hidup manusia di dunia ibarat hidup di tengah samudra yang dalam tersebut. Mempersiapkan bahtera yang kuat berarti mempersiapkan segala hal yang bisa membuatnya bertahan dan mudah mencapai tujuan hidupnya, yaitu akhirat. Tan
Minggu 1 Agustus  2004 yuli dah pergi dan aku merasa belum memberinya apa-apa.  sayang kami tidak akan pernah bertemu lagi. Aku hanya ada satu kemungkinan untuk bertemu dengan kembarannya... aku harus menunggu setahun lagi. padahal bisa saja besok pagi aku mati. Kau tahu semakin banyak kendaraan yang melaju dengan cepat di jalan. setiap kali menyebrang jalan maka aku harus bersiap untuk masuk ke duani kematuian. Kau juga tahu semakin banyak pisau yang diasah untuk melukai dan membunuh orang lain dengan berbagai tujuan....kau lihat tubuhku.... kurus, trinkih... sebuah sasaran yang mudah ditaklukan hanya dengan pelototan mata yang menyeramkan... bisa saja saat aku menyapamu tiba-tiba ada peluru nyasar yang bisa membunuhku seketika... yang pasti aku tidak bisa melawan serangan-serangan kematian itu. Dari pada aku ketakutan dan tidak berani kemanan-mana maka mau ngagka mau aku harus membunuh rasa takut itu... sembunyi se aman apapun tidak akan memberikan jaminan keselamatan dari i

Jangan Marah, Ya!

Jangan Marah, Ya! Sebuah Naskah Pidato Singkat untuk siswa MI Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Pertama, Marilah kita berterima kasih kepada Allah Yaitu dengan membaca Hamdalah. Alhamdu.....lillah. Terima kasih Ya. A....llah. Telah kau beri kami A....kal. Sehingga kami dapat bela...jar. Bukan kurang a... jar. Alhamdu....lillah. Kedua, Mari kita membaca sholawat. Allahumma Sholli Ala Muhammad! Bapak-Ibu Guru yang saya hormati, Adik, Kakak, dan teman-teman semua yang saya sayangi. Siapakah yang ingin masuk surga? Ya. Kita semua, pasti, ingin masuk surga. LA TAGHDHOB WALAKAL JANNAH Janganlah marah, maka kamu akan masuk sur...ga. Orang yang ingin masuk surga, maka dia tidak boleh ma..... rah. Walaupun tidak naik kelas, tidak boleh ma.... rah Walaupun tidak dibelikan seragam baru tidak boleh ma.... rah Walaupu